12 Maret 2009

Sosialisasi Provinsi Bidang MPHM

Mediasi dan Penguatan Hukum Masyarakat adalah salah satu lembaga yang disandingkan dengan PNPM Mandiri DTK dan mempunyai struktur organisasi sendiri diluar struktur konsultan manajemen secara keseluruhan. Tujuan lembaga ini adalah melakukan penguatan kepada masyarakat di lokasi program agar dapat menangani berbagai sengketa dan masalah hukum berdasarkan kemampuan mereka sendiri sebagai faktor pendukung pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat, meningkatkan stabilitas dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat.

Selain itu MPHM juga mempunyai tujuan khusus :
  1. Meningkatkan kapasitas lokal baik lembaga maupun perorangan ditingkat masyarakat dalam mengelola sengketa/konflik secara terbuka, independen dan adil.
  2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum.
  3. Memperbesar akses masyarakat terhadap institusi dan aparat/penegak hukum.
  4. Membantu fasilitasi penyelesaian sengketa yang menyangkut kepentingan masyarakat melalui penyelesaian sengketa alternatif.
Oleh karena hal-hal tersebut diatas, pada tanggal 3 Maret 2009 telah diselenggarakan sosialisasi bidang MPHM provinsi Maluku yang mengambil tempat di Hotel Ammans, Jl.Pantai Mardika, Ambon. Acara ini dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Ir. M.Z. Sangadji, MSi dan dihadiri juga oleh Asdep Urusan Pengembangan Pedesaan/Ketua Tim Pelaksana P2DTK Kementrian Negara PDT, Bpk. Putu Sumardika. Acara yang direncanakan dimulai pada pukul 08.00 WIT akhirnya baru dapat dibuka pada sekitar pukul 09.30 WIT dikarenakan Kepala Bappeda Provinsi Maluku masih mempunyai agenda kegiatan lain. Cukup banyak peserta yang hadir dalam acara ini termasuk didalamnya LSM, LBH juga perwakilan program Bank Dunia lainnya yaitu Support for Poor and Justice Programe. Hasil yang disepakati didalamnya adalah bahwa akan diadakan kegiatan pelatihan bagi para legal dan pengelola fasko yang direncanakan pada minggu ketiga bulan Maret ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar